Sejarah Pengertian sejarah menurut Para ahli
1. Hedorotus (papak Sejaran)
2. Ibnu khaldun
3. Collingwood
4. Roeslan Abdulgani
5. Moh. yamin
6. Moh. Ali
7. Leopold Van Ranke
8. Sartono Kartodirjo

Kak bantu in saya dong besok dikumpul​

Pengertian sejarah menurut Para ahli
1. Hedorotus (papak Sejaran)
2. Ibnu khaldun
3. Collingwood
4. Roeslan Abdulgani
5. Moh. yamin
6. Moh. Ali
7. Leopold Van Ranke
8. Sartono Kartodirjo

Kak bantu in saya dong besok dikumpul​

Jawaban:

1. Menurut Hedorotus sejarah tidak berkembang ke arah depan dan memiliki tujuan yang jelas. Tetapi, bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi dan rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia itu sendiri.

2. Menurut, Ibnu Kaldun sejarah didefinisikan sebagai catatan umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat manusia itu.

3. Menurut Collingwood sejarah adalah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

4. Menurut Roeslan Abdulgani sejarah merupakan ilmu yang diibaratkan dengan penglihatan tiga dimensi; pertama melalui penglihatan ke masa silam, kedua masa sekarang, dan ketiga ke masa yang akan datang.

5. Menurut Moh. Yamin sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan, dari beberapa peristiwa yang mampu dibuktikan dengan kenyataan (fakta).

6. Menurut Moh. Ali Sejarah merupakan ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian di masa lalu atau lampau.

7. Menurut Leopold Van Ranke sejarah adalah sesuatu yang ditulis dari haruslah sebagaimana itu terjadi

8. Menurut Sartono Kartodirjo sejarah merupakan gambaran tentang masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap. Meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pengertian pemahaman tentang apa yang telah berlalu

semoga bermanfaat mohon maaf bila ada salah kata

[answer.2.content]